TIM PBR FPIK UTU Realisasi Pembuatan Para-Para di UMKM Ikan Asin Desa Langkak, Kabupaten Nagan Raya
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 20. 09. 2022
  • 0
  • 419

MEULABOH – Ketua dan Anggota Pengabdian Berbasis Riset (PBR) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar realisasi pembuatan para-para sebagai media untuk penjemuran ikan asin yang bisa digunakan oleh UMKM di Desa Langkak. Kegiatan PBR tersebut diselenggarakan di lokasi UMKM Jaya Ikan Asin Bapak Musdian pada hari Minggu 18 September 2022.

Kegiatan pembuatan para-para tersebut adalah bagian dari Pengabdian Berbasis Riset (PBR) yang memperoleh dana hibah internal dari LPPM-PMP Universitas Teuku Umar. Ketua dan Tim PBR juga melibatkan 2 (dua) orang mahasiswa dalam rangka pembuatan para-para tersebut, sehingga harapannya mahasiswa dapat belajar terkait dengan pembuatan para-para.

Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jaya Ikan Asin Bapak Musdian dan UMKM Bina Makmu Beurata Bapak Husdiar juga ikut terlebat dalam pembuatan para-para-pata sebagai media penjemuran ikan asin serta mengapresiasi kegiatan PBR yang di selenggarakan di UMKM mereka.

Sehingga dengan adannya kegiatan ini dapat membantu pemilik UMKM dalam proses pembuatan para-para yang bahannya sangat mudah didapat dan tentunya dengan harga yang murah dan dapat dicapai.

Kegiatan selanjutnya adalah Focus Group Discussion (FGD) dan Workhop Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Pengolahan Produk Ikan Asin Berbasis Pengendalian Mutu yang insya Allah kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada akhir bulan September 2022 yang berlokasi di Nagan Raya, Ujar Ketua PBR Akbardiansyah, S.Kel., M .Si.

Lainnya :