TIM PBR FPIK UTU Koordinasi Kegiatan dengan Mitra UMKM Ikan Asin di Desa Langkak, Kab. Nagan Raya
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 03. 09. 2022
  • 0
  • 539

MEULABOH – Ketua dan Anggota Pengabdian Berbasis Riset (PBR) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar survey dan Koordinasi kegiatan dengan Mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, kegiatan PBR tersebut dengan judul Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Pengolahan Produk Ikan Asin Berbasis Pengendalian Mutu Di Umkm Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya” . Kegiatan tersebut diselenggarakan di tempat UMKM Bapak Musdian pada hari Sabtu 03 September 2022.

Kegiatan pengawasan dan koordinasi tersebut dalam rangka menentukan beberapa program, salah satunya adalah kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Produk Ikan Asin dan persiapan pembuatan para-para untuk penjemuran ikan asin. Kegiatan ini insya Allah saya dan tim akan melaksanakan di UMKM Bapak Musdian selama 3 bulan kedepan dengan beberapa kegiatan, mulai dari FGD, persiapan bahan dan alat, pembuatan para-para penjemuran dan pengolahan produk baku ikan asin, serta Monitoring dan Evaluasi” Ujar Ketua PBR Bapak Akbardiansyah , S.Kel., M.Si.

Pemilik UMKM Ikan Asin sangat berterima kasih, karena adanya program kegiatan pengabdian dari Dosen Universitas Teuku Umar, sehingga dengan adanya kegiatan ini produk ikan asin di tempat kami kualitasnya menjadi lebih baik lagi. Terima kasih kepada Ketua dan Tim PBR FPIK UTU yang sudah memilih UMKM Ikan Asin tempat kami sebagai lokasi pengabdian selama 3 bulan kedepan, dengan harapan kualitas produk ikan asin kami menjadi lebih bagus lagi dan bisa di ekspor ke luar Aceh, semoga kegiatan awal ini menjadi kerjasama yang baik kedepannya antara UMKM Ikan Asin kami dengan Universitas Teuku Umar” ujar pemilik UMKM Ikan Asin Bapak Musdian.

Dalam rangka menyukseskan program Pengabdian Berbasis Riset (PBR) tersebut, ketua dan anggota tim juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU dengan tujuan mahasiswa dapat menambahkan pengetahuan terkait dengan proses peningkatan manajemen dan pengendalian Mutu ikan asin, serta dapat merancang para -para untuk digunakan sebagai media penjemuran ikan hasil, supaya ikan asin yang dijemur menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Komentar :

Lainnya :