Rumoh Kreatif  bersama BEM FPIK UTU Mengadakan “Gerak Cepat (GERCEP) Sarjana Usia Muda”
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 15. 11. 2020
  • 0
  • 523

Dahsyatnya dampak pandemi corona virus disease (COVID 19) bagi negara negara didunia Langkah langkah strategis yang diambil pemerintah Indonesia dalam menanggulangi ancaman pandemi corona virus disease (COVID 19) Peran strategis mahasiswa sebagai kaum intelektual melalui gagasannya untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi ancaman pandemi corona virus disease (COVID 19). Gercep Sarjana Usia Muda merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam menanggulangi ancaman pandemi corona virus disease (COVID 19) Sabtu, 14 November 2020

Kegiatan Gecep Sarjana Usia Muda yang diselenggarakan secara online melalui Aplikasi Zoom Meet oleh Rumoh Kreatif FPIK-UTU di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa FPIK-UTU, menghadirkan pemateri lokal yang handal dibidangnya beliau yaitu Bapak Dr. Muhammad Rizal,S.Pi.,M.Si Peraih Gelar Doktor Muda. Dalam hal ini mengusung tema “Strategi Lulus Cepat Diwktu Yang Tepat Untuk Mewujudkan Mahasiswa Yang Kreatif, Inovatif Dan Cerdas Dalam Memanajemen Waktu Dengan Baik”. Dalam Pandemi Covid-19 mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam kehidupan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Tentunya tidak menutupkemungkinan untuk tetap memberikan ide-ide kreatif Aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan diluar rumah kini semua terpusat di rumah. Tentu ini bertahan dalam waktu yang lama dan menjadi kebiasaan baru. Dalam hal ini tiak menutup kemungkinanan untuk tetap kreatif walaupun di rumah aja.

Dalam sambutannya Setiadi M Noor (Ketua BEM FPIK UTU) Sekaligus Founder Rumoh Kreatif), mengucapkan sapaan terimakasih terhadap panitia penyelenggara serta tamu undangan yanng hadir dalam kegiatan seperti Wakil Rektor UTU, Dekan FPIK UTU serta Keluarga besar FPIK UTU yang turut hadir dalam kegiatan Millenial Gercep Sarjana Usia Mudaini. “Kegiatan Gercep Usia Muda ini, kami selenggarakan atas dasar keresahan mahasiswa akhir dalam mengahadapi kepenulisan Skripsi, PKL dan sebagaian untuk itu hal ini guna menambah pengatahuan bagi seluruh mahasiswa yang tentunya akan menjalankan masa penelitian, dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang pentingya  tips dan trik supaya lulus cepat diwaktu yang tepat. Karya ilmiah sebagai salah satu elemen penting dalam proses perkuliahan. Selain itu mahasiswa dapat termotivasi apa yang disampaiakan serta pencapaian yang diraih oleh pemateri. Ujarnya dalam sambutan acara.

Ucapan Terimakasih juga disampaian oleh Ketua Panitia bidang pengkaderan Rumoh Kreatif FPIK Universitas Teuku Umar, Syahrul Muhharram Apresiasi kepada teman-teman yang telah melaksanakan kegiatan  yang turut andil dalam menyukseskan kegiatan Gercep Sarjana Usia Muda, sehingga kegiatan ini bisa memberkan motivasi serta inspirasi untuk senantiasa lulus diwaktu yang tepat. “Terimakasih, rakan-rekan panitia yang turut menyukseskan kegiatan gercep luus usia muda dengan dihadirkan pemateri Doktor muda, semoga apa yang di sampaikan pemateri dapat bermanfaat untuk mahasiswa” Ujarnya dalam sambutannya. Mahasiswa adalah agent of change, social of control dan Moral of force, posisi paling ideal ditengah-tengah masyarakat sehingga menuntutnya bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dan menjadi pelopor pembangunan pada masa New Normal Covid-19 ini, oleh karena itu Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar mengada kan Gercep Sarjana Usia Muda” agar mahasiswa menggagas sebuah kreatifitas yang memberi perubahan dan berdampak positif untuk mahasiswa dan masyarakat.

Disambut baik dalam sambutan sekaligus pembukaan acara secara resminya oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar bapak Prof. Dr. M.Ali ,S. M.Si. “Tongkat Estafet kemajuan bangsa terletak pada pemudanya, Ucapan terimakasih kepada Pemateri yang tak lain merupakan wakil dekan 1 bidang kemahasiswaan dan akademik. Acara ini sangat bagus. Sesuai judul yakni gercep (gerak cepat), Sebagai pemuda-pemudi (mahasiswa) indonesia yang berperan penting akan meneruskan tongkat estafet itu kedepannya” Dalam Sambutan pembukaannya

Dalam Penyampaian materinya Doktor muda sekaligus Pembina Rumoh Kreatif FPIK-UTU Dr. Muhhammad Rizal,S.Pi.,M.Si mengatakan bahwa upaya memberikan Gercep Sarjana Usia Muda Rumoh Kreatif  ini sebagai langkah institusi dalam memberikan jiwa semangatt dan tetap produktif  pada mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Sehingga mahasiswa UTU tetap terjaga kualitasnya meski di Rumah Aja. Jika hidup itu ibarat game, maka skripsi itu salah satu level yang harus kamu lewati untuk naik ke level selanjutnya...seperti: meniti karir, menikah, dst... Enjoy saja, jangan dibuat beban. Toh, tidak cuma kamu yang melalui itu. Tepat à betul; lurus àdi konteksi ini: mengerjakan skripsi untuk mencapai sasaran yang diinginkan atau yang direncanakan. Sedangkan Cepat à dalam waktu singkat àdi konteks ini: mengerjakan skripsi dengan mengatur waktu pada tingkat tertentu. Ujarnya dalam penyampaian materi.

Dalam penjelasannya ada 4 aspek penting PKL/ skripsi cepat dan tepat selesai jika memng kita seriusa dalam melaksanakan sesuatu dengan penuh tanggung jawab. “You (komitmen, kedisiplinan), Fokus pada topik yang dibahas (buat LB, pencarian referensi jurnal utama dan penunjang topik), Pemahaman dasar statistik, metodologi penelitian, dan yang terkahir adalah Attitude menghadapi dosen, lingkungan, teman. Sekedar lulus cepat, tulisan biasa-biasa saja, Tulisan bagus, lulus bisa agak lama, Lulus cepat dan tulisan bagus Tidak ada yang paling baik. Every person has its own choice. Terserah kamu J.. Kamu yang paham kapasitasmu.. Kamu yang tahu apa tujuan dan targetmu. Karena itulah yang menentukan time span dan effort kamu”. Lanjutnnya. “Badai aja pasti berlalu, skripsi juga pasti berlalu” “Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai” “It’s always seems impossible until it’s done” – anynomous  ujar Closing Statment Dr. Muhhammad Rizal,S.Pi.,M yang juga selaku Wakil Dekan I FPIK UTU

Gercep Sarjana Usia Muda ini diikuti oleh 70 orang mahasiswa dari berbagai program studi dan Fakultas  di Universitas Teuku Umar dan juga mahasiswa dari luar Fakultas seperti fakultas kesehatan masyarakat dan fakultas pertanian yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi ZOOM Meet.  Sementara Listi Widiyana mewakili selaku Panitia Bidang Acara, dan juga Bendahara Official Rumoh Kreatif FPIK-UTU  menyampaikan turut kebanggaanya dalam hal ini bisa menjadi moderator dalam hal ini dan juga bisa memberikan yang terbaik untuk fpik untuk kemajuan mahasiswa UTU kedepannya. "Alhamdulillahirabilalamin, ucapan syukur bagi kami selaku pengurus Rumoh Kreatif Fpik-UTU dalam menyelenggarakan seminar online yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar. Pandemi Covid-19 telah menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengisi perkuliahan secara daring. Semoga kedepan bisa menyelenggarakan seminar atau kuliah umum lainnya secara online." Tutup Aris Yusdi (Ketua Bidang Acara)

Lainnya :