Menumbuhkan Jiwa kepemimpinan yang Kreatif dan Inovatif, BEM FPIK gelar Kemah Kreatif
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 02. 11. 2021
  • 0
  • 642

Meulaboh - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (BEM FPIK UTU) mengadakan kegiatan Kemah Kreatif FPIK UTU tahun 2021 di konservasi Penyu Aroen Meubanja, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya selama 3 hari dimulai dari tanggal 29-31 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang pertama dilaksanakan oleh BEM FPIK UTU dengan tujuan agar terbentuknya hubungan silaturahmi antara Mahasiswa dengan Dosen serta seluruh civitas akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang Kreatif dan Inovatif bagi mahasiswa angkatan 2021.

Hamdan selaku ketua BEM FPIK UTU periode 2021-2022 mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program kerja tahunan BEM FPIK UTU yang akan dilaksanakan setiap tahunnya. "Kegiatan Kemah Kreatif FPIK UTU ini merupakan salah satu program kerja BEM FPIK yang bertujuan untuk terbentuknya hubungan silaturahmi antara Mahasiswa dengan Dosen serta seluruh civitas akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang Kreatif dan Inovatif bagi mahasiswa baru dan akan dilaksanakan setiap tahunnya kedepan". Ujar Hamdan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yaitu Bapak Prof. Dr. M. Ali. S, M.Si beserta jajarannya dan ketua Jurusan yang berada di lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan adalah dari jurusan Perikanan, Akuakultur, Sumberdaya Akuatik, dan Ilmu Kelautan serta seluruh dosen. Acara ini juga langsung dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

"Kegiatan ini dirancang jauh-jauh hari untuk mempertemukan kita semua disini, mulai dari seluruh mahasiswa, dosen dan civitas akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan terkhusus bagi mahasiswa baru angkatan 2021 untuk mengenal lebih dalam lagi tentang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta membentuk jiwa kepemimpinan yang Kreatif dan Inovatif agar lebih siap menghadapi tantangan perkuliahan kedepannya". Ungkap Prof. Dr. M. Ali. S, M.Si dalam kata sambutannya dan dilanjutkan dengan pembukaan.

Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Konservasi Penyu Aroen Meubanja, kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya bukanlah tanpa alasan. Tempat tersebut dipilih sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar terhadap lingkungan laut dan konservasi hewan langka yang banyak diburu sehingga sudah hampir punah yaitu Penyu. Kawasan tersebut juga kawasan inti dimana jika sampai pada musim penyu bertelur, kawasan tersebutlah akan banyak dijumpai Penyu yang meletakkan telurnya.

"Sebuah edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan khususnya lingkungan laut, kami memilih kawasan Konservasi Penyu Aroen Meubanja ini sebagai tempat kami belajar agar menjadi seorang mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang Kreatif dan Inovatif serta tidak pernah melupakan pentingnya menjaga alam". Ujar Ihsan Zakiya selaku ketua Panitia Pelaksana Kemah Kreatif FPIK UTU 2021 ini.

Diakhir acara pada hari Minggu sore (31/10) sebagai bentuk dukungan dari BEM FPIK UTU pada konservasi Penyu Aroen Meubanja, pengurus BEM FPIK UTU memberikan beberapa poster tentang ajakan untuk menjaga keberadaan populasi Penyu yang sudah sangat sedikit.

Komentar :

Lainnya :