MENGEMBANGKAN POTENSI USAHA MASYARAKAT DEKAN FPIK LEPAS MAHASISWA WIRA DESA
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 02. 09. 2021
  • 0
  • 424

Meulaboh – FPIK-UTU | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) pada tahun ini meluncurkan program baru dengan tajuk pengabdian masyarakat berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimana Mahasiswa diminta untuk melakukan pendampingan dan pengembangan UMKM agar lebih berkembang dan bisa menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat desa. Hal ini sesuai dengan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.

Penyerahan Mahasiswa Wira Desa ini di laksanakan pada hari Rabu, 01 September 2021 di Balai desa Ujung Kalak yang di hadiri langsung oleh koordinator pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Universitas Teuku Umar (PKM-UTU). Dalam kata sambutannya, beliau mengungkapkan rasa syukur bahwa dalam tahun pertama peluncuran program Wira Desa ini oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), UTU langsung mendapatkan hibah dana dan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di LLDIKTI Wilayah XIII. "Alhamdulillah... Pada peluncuran perdana program Wira Desa oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), Universitas Teuku Umar langsung mendapat hibah dana yang dapat dimaksimalkan untuk melakukan kegiatan pendampingan masyarakat nantinya". Ujar Buk Yarmaliza saat kata sambutannya.

Mahasiswa secara langsung di serahkan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bapak Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si. kepada kepala Desa Ujong Kalak, Pak Patani, SP. Harapan besar Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan untuk kegiatan ini adalah dapat menumbuhkan dan mengembangkan usaha berbasis potensi lokal dan berkonsep global. "Wira Desa ini adalah program dimana masyarakat menjalankan usaha lalu dilakukannya pendampingan oleh mahasiswa untuk penumbuhan dan pengembangan usaha yang berbasis lokal, namun berkonsep Global". Ujar pak Dekan.

Selaku kepala Desa, Pak Patani sangat mengapresiasi atas terpilihnya Desa Ujung Kalak sebagai mitra Progam ini, dalam sambutannya beliau mengatakan dalam pelaksanaan program ini, pihak aparatur desa akan terbuka kepada adik-adik mahasiswa agar berjalannya program ini dengan baik. "Saya mewakili masyarakat Gampong Ujong Kalak sangat mengapresiasi atas terpilihnya desa kami sebagai mitra program ini, tentunya dalam pelaksanaan program nanti, kami akan sangat terbuka dengan adik-adik mahasiswa." Tutup Kepala Desa saat memberikan kata sambutannya.

Dalam kesempatan ini pula, Syahrul Muharram selaku ketua kelompok Wira Desa ini menaruh harapan kepada seluruh aparatur Desa dan Mitra untuk dapat berkerja sama agar program ini berjalan dengan baik.

"Harapan saya kepada aparatur Gampong dan juga para mitra untuk dapat bekerja sama dan berpartisipasi aktif demi keberhasilan program kita bersama", Ujar nya. Kami mengangkat tema dalam program ini adalah Pengembangan Produksi Usaha Rumahan Ikan Keumamah Daerah Pesisir  Desa Ujung Kalak Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat, yang beranggotakan yaitu, Dini Marliana, Sarita Ayu, Sariana, Nur Fadhilah, Dimas Kusmayadi, Muhammad Fadly, T.Hamdan dan saya sendiri Syahrul Muharram. Tutup Syahrul.

Acara pelepasan Mahasiswa Wira Desa dilanjutkan dengan pelatihan tentang pengolahan ikan yang disampaikan oleh salah satu dosen jurusan perikanan yaitu bapak Ikhsanul Khairi, S.Pi., M.Si dengan tema yang beliau sampaikan adalah Pengolahan dan Kemasan Olahan Ikan Tradisional yang diikuti oleh seluruh peserta acara dan pelatihan [Budiman]

Lainnya :