Kurang dari 2 tahun, Dekan FPIK UTU Telah Menerbitkan Lebih Dari 10 Buku
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 15. 11. 2021
  • 0
  • 345

Usia ternyata bukanlah penghalang dalam melakukan hobi dan kewajiban, terlebih terus meningkatkan produktifitas seiring bertambahnya usia. Hal ini dibuktikan oleh sosok dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. M. Ali, S, M.Si yang sedang menjabat sebagai dekan FPIK UTU kurang dari dua tahun. Disela waktu sebagai Dekan, Dosen dan juga Guru Besar, sosok yang lahir pada 25 maret 1959 ini terus giat dalam menerbitkan tulisannya. Ditengah berbagai kesibukannya

Setidaknya, terhitung sudah 11 buku yang beliau terbitkan selama menjabat sebagai Dekan FPIK UTU Meliputi Buku Mengemban Amanah dari FKIP Unsyiah ke FPIK UTU Tahun ke 1 dan 2, Buku Perjalanan Studi Mahasiswa FPIK, Buku Alumni FPIK Masa ke Masa, Menelusuri lintas Menembus batas, Meniti Jalan Menuju Kampus Merdeka UniversitasTeuku Umar, Herbal Park Universitas Teuku Umar, Kawasan Ekowisata Gampong Baro Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya, Kawasan Pesisir Lanaga Meureubo Kabupaten Aceh Barat, Buku Penilaian Angka Kredit Dosen Universitas Teuku Umar, Buku Dharma Wanita Persatuan Unit FPIK Universitas Teuku Umar. Bahkan saat ini beliau sedang menyelesaikan 3 buku lainnya yang akan segera diterbitkan dalam waktu dekat. Merupakan suatu hal yang sangat menginspirasi melihat usia beliau yang tak lagi muda serta ditambah beberapa tugas tambahan yang sedang beliau jalankan.

Prof. Dr. M. Ali, S, M.Si sejatinya merupakan seorang dosen jurusan Pendidikan Biologi di Fakultas Pendidikan, Universitas Suiah Kuala yang telah dilantik sejak 1 Maret 1986. Saat ini beliau ditugaskan sebagai Dekan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar. Meskipun beliau sedang menjabat sebagai Dekan di FPIK UTU, namun beliau masih tetap melaksanakan kewajiban utamanya di universitas Syiah Kuala terutama sebagai dosen untuk mengajar dan membimbing mahasiswa, serta dalam melaksanakan Penelitian.

Prof. Dr. M. Ali, S, M.Si  lulus dari Sekolah Dasar Leupung, Kabupaten Aceh Besar pada tahun 1972. Sekolah Menengah Pertama diambil di SMP Leupung berafiliasi dengan SMP 3, Banda Aceh dan lulus pada tahun 1975. Lulus dari SMA Samalanga, Kabupaten Aceh Utara (Kabupaten Bireun) pada tahun 1979. Pada tahun 1984 beliau lulus dari jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan, Unsyiah, Darussalam Banda Aceh. Pada tahun 1997 menyelesaikan studinya dari Program Studi Manajemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL), Program Magister Universitas Sumatera Utara, Medan dan pada tahun 2010 menyelesaikan Program Doktoralnya di Program Studi Sumber Daya Pesisir dan Laut (SPL) Institut Pertanian Bogor. Semua yang telah beliau lalui merupakan sebuah inspirasi yang dapat memotivasi para generasi muda saat ini, sejatinya bahwa usia bukanlah penghalang dalam menebarkan kebaikan dan berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan kedalam tulisan.

Komentar :

Lainnya :