Ketua BEM FPIK UTU Mengikuti Kegiatan KPDA Pramuka SMAN 1 Wanasalam Lebak, Banten
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 01. 12. 2020
  • 0
  • 641

MEULABOHUTU, 27-29 November 2020. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FPIK Universitas Teuku Umar Setiadi M Noor, di undang untu menjadi pemateri dalam kegiatan Kursus Pengelola Dewan Ambalan (KPDA) Ekstrakurikuler Pramuka SMAWAN mengadakan Kursus Pengelola Dewan Ambalan (KPDA) GUDEP Lebak 21.045/21.046 SMAN 1 Wanasalam yang bertemakan "PENGUATAN ADMINISTRASI GUGUS DEPAN MENUJU GUGUS DEPAN UNGGULAN" pada tanggal 27-29 November 2020 di SMAN 1 Wanasalam.

Pembukaan acara tersebut pada tanggal 27 November 2020, pukul 09.30 WIB - 11.00 WIB. Yang dihadiri oleh wakil kepala sekolah, bidang Kurikulum, bidang HUMAS, bidang Kesiswaan serta anggota ekstrakurikuler Pramuka.  Dalam Hal ini semangat kepramukaan dimasa pandemi Covid-19 harus tetap terjaga dengan baik di sampaikan oleh pembina Pamuka SMAN 1 Wanasalam, Lebak Banten.

Pembukaan acara yang langsung di sampaikan oleh wakasek kurikulum dengan memberikan arahan dan masukannya kepada peserta KPDA tersebut.

"Menjadi seorang Pramuka memang mudah. Yang sulit adalah mempertahankan wibawa seorang Pramuka." Ucap ibu Dewi Kartika Sari, M.Pd. selaku bidang Kurikulum. Dilanjutkan oleh sambutan dari Humas SMAN 1 Wanasalam yang berhadir dalam acara kali ini

"Mencintai tanah air adalah kewajiban anggota Pramuka. Pramuka juga ikut berpartisipasi dalam berkontribusi memajukan bangsa dan negara tercinta." Ucap bapak Ajid, SE., M.Pd. selaku bidang HUMAS. Adapun materi yang disampaikan ketua BEM FPIK UTU ,mengenai Kepemimpinan (leadership) Serta Sharing Motivasi Pekuliahan. “Memuat dua hal pokok, Pemimpin sebagai subjek danYang dipimpin sebagai objek kata pimpin Mengarahkan, membina, mengatur, menuntun, dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi ” dalam pemaparan materinya. Dalam penyampaian materi tentang kepemimpinan yang di kaitkan dengan kepemimpinan Teuku Umar sejak mudah yang dalam hal ini Teuku Umar merupakan nama Ambalan Pramuka SMAN 1 Wanasalam.

Sosok Pejuang Teuku  Umar Johan Pahlawan lahir pada tahun 1854 di Meulaboh, tepatnya di Gampong Masjid, sekarang Gampong Belakang Teuku Umar memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sejarah perang Aceh yang panjang dan lama tersebut. Beliau sudah memanggul senjata dan bertempur melawan Belanda sejak usia 19 tahun ketika dimulainya agresi Belanda pertama pada tahun 1873 yang dipimpin Jenderal Kohler sebagai utusan salah satu gampong dari Meulaboh dan ada info spekulatif yang mengatakan bahwa peluru Teuku Umarlah yang menembus Jenderal Kohler.  Walaupun masa Teuku Umar Indonesia belum memiliki wujud tetapi dapat kita lihat Teuku Umar memiliki nilai kebangsaan, persatuan, kemanusian baik dari pergaulan, memimpin pasukan dan menjalankan roda pemerintahan di masa beliau”.Lanjutnya dalam penyampaian materinya, Setiadi M Noor .

Mengingat pandemi Covid-19 bergerak dengan cepat dan menyebar melalui satu manusia ke manusia lain maka, kegiatan seminar pasti tidak bisa dilakukan. Kegiatan KPDA ini dengan mengumpulkan banyak orang, tentu nya dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Pembina Pramuka SMAN 1 Wanasalam Lebak, Banten, Kak Widodo Cahyono Putro,S.TP mengatakan bahwa kegiatan Pramuka SMAWAN mengadakan Kursus Pengelola Dewan Ambalan (KPDA)  di tengah Pandemi Covid-19 sebagai upaya menjadi GUGUS DEPAN yang UNGGUL. "Semangat kepramukaan tetap bergelora. Ciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai." Ujar bapak Widodo Cahyono Putro, S.TP. selaku pembina ekstrakurikuler Pramuka.

Lainnya :